Berkunjung Ke Ladang Saffron Di Kashmir Yang Memiliki Khasiat Terbaik Di Dunia

by - Juni 25, 2020

Bunga safron atau Corcus Satifus belakangan terkenal. Bunga safron yang juga disebut bunga pacar merupakan bumbu masakan sekaligus bahan pewarna alami yang diklaim termahal di dunia. Mahalnya harga bunga safron bukan karena popularitasnya yang melejit, melainkan karena manfaatnya. manfaat bunga safron telah dikenal sejak era Ratu Cleopatra. Saat itu, Sang Ratu menggunakan safron untuk menjaga kecantikannya. 

Sayangnya, meskipun bermanfaat,  tumbuhan ini tak bisa tumbuh di sembarang tempat. Bunga safron hanya tumbuh di negara dengan empat musim khususnya Yunani, Iran dan India yang telah dikenal sebagai sumber penghasil safron. Selain itu, bunga safron tak muncul sepanjang tahun. Bunga yang disebut bisa menangkal pertumbuhan sel kanker itu hanya akan muncul di akhir musim panas yaitu Oktober. Tak heran bila akhirnya bunga safron menjadi salah satu jenis rempah yang paling diburu.
Pada 2019, saya berkesempatan melihat langsung agar mendapat cerita dari salah seorang petani bunga safron di Kashmir.

berkunjung ke ladang saffron langsung

 Zahoor Bhaia atau Abang Zahoor tinggal di Kashmir bersama istri dan seorang anaknya. Bersama keluarganya, saya tinggal di kediaman Zahoor dan melihat langsung bunga safron dari ladangnya. Saat itu, saya tiba dua hari setelah badai salju menerpa Kashmir. Walhasil, ladang bunga safron dipenuhi salju. Meskipun cukup dingin bagi kulit warga Negara Tropis seperti saya, ternyata cuaca tersebut tak menghambat pertumbuhan bunga safron. 

Buktinya, hamparan bunga safron di ladang milik Zahoor tetap terlihat sisa kemerahan di balik salju yang turun karena musim panen baru berakhir. Ladang safron Zahoor menjadi salah satu yang terluas dengan luas sekira2 hektar . Pemandangan yang menyejukan mata saya di pagi hari karena ladangnya berada di halaman rumah Keluarga Zahoor. 


saffron memiliki banyak manfaat bagi manusia


Saya dan Zahoor mengambil sisa helaian bunga safron yang tersisa di ladang lalu berpindah ke ladang lain yang lebih luas. Setelah berjalan kaki selama 10 menit, terbentang ratusan hektar (kalau ada estimasi luasnya berapa ratus hektar atau penggambaran seluas wilayah mana yang cukup dikenal akan lebih menarik) ladang safron yang sebagian tanahnya juga tertutup salju. Dinginnya cuaca hari itu tetap menyentuh ke kulit meskipun saya mengenakan kanggeri yaitu penghangat badan khas Kashmir berukuran kecil. Kanggeri terbuat dari rotan dan kendi yang diisi arang sehingga menjaga tubuh saya agar tetap hangat. 


Antusiasme saya untuk memetik langsung bunga safron di ladang mengalahkan dinginnya cuaca kala itu yang suhunya mencapai minus 5 derajat . Bunga saffron hanya memiliki satu warna yaiutu warna ungu, walupun memiliki daun tetapi daun bunga Saffron tidak tumbuh bersamaan dengan bunganya melainkan tepat di sebelah bunga. Dalam 1 bunga saffron ada 5 putik dengan 2 warna berbeda yaitu 2 helai putik berwarna kuning dan 3 helai berwarna mera. Si putik ajaib berwarna merah ini lah yang memiliki ke lebihan yang luar biasa di banding dengan si putik berwrna kuning yang tidak memiliki khasiat apa pu . Ingin rasanya menghabiskan waktu lebih lama memetik safron, namun waktu minum teh telah tiba sehingga kami harus bergegas kembali ke rumah. 

khasiat dan manfaat bunga saffron untuk manusia



Tak hanya Inggris yang memiliki kebiasaan meminum teh, Kashmir juga memiliki kebiasaan yang sama. Teh di Kashmir berasal dari budaya Arab yang masuk ke Kashmir saat penyebaran agama Islam di Kashmir di mulai dan budaya ini di adaptasi juga saat Inggris menjajah India, budaya minum teh ini masih di pertahankan sampai saaat ini juga. Sambil menikmati teh dan sepotong kue, cerita tentang bunga safron dimulai. Zahoor menyebut bunga safron yang kini beredar tak semuanya bermanfaat. Alasannya, tingginya permintaan pun mendorong pemalsuan bunga safron. Terdapat bagian bunga safron yang sebenarnya tak memiliki manfaat namun dicampurkan bersama bagian safron yang memang bermanfaat. Tidak hanya secara fisik, safron berkualitas baik berukuran lebih panjang. Lalu, di bagian bawahnya yang berbentuk lebih pipih muncul warna sedikit kekuningan dari dalam yang menyembul keluar. Sementara itu, safron yang kurang berkualitas justru berukuran kecil dan warna kekuningannya diambil dari putik dan daun safron di permukaan luar. Saat saffron berkwalitas baik di tarik dari bunganya, kita masih bisa melihat juntaian panjang warna kuning dari putik Saffron, setelah di pisahkan dari Saffron juntaian berwarna kuning ini juga biasanya di jadikan bahan untuk pemalsuan Saffron. Setelah di warnai bentuknya sama persis dengan Saffron.


Khasiat Bunga Saffron Untuk Kesehatan 

Khasiat bunga saffron atau juga di sebut bunga Crocus  ini sangat luar biasa, mahalnya harga Saffron membuat banyak orang melakukan kecurangan. Senangnya aku bisa berkesempartan mengunjungi langsung ladang Saffron dan juga belajar langsung mengenai Saffron. Dan hal ini juga yang memicuku untuk membuat video agar teman teman semua bisa belajar juga sama hal nya dengan aku. Bunga Saffron juga bisa di campur dalam makanan, jika teman teman berkesempatan ke india banyak nya bunga saffron yang di campur dalam hidangan cemilan ataupun maknaan pokok seperti nasi briyani. Warna kuning yang tercipta dari nasi briyani sebenarnya bukanlah dari kunyit merupakan hasil dari saffron





Manfaat bunga saffron untuk kesehatan sangat lah banyak
Diantaranya Antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas, kandungan zat Antikarsinogenik yang berfungsi mencegah kangker dan Antimutagenik yang berfungsi mencegah mutasi gen
Nutrisi dalam bunga Saffron juga sangat banyak seperti serat,protein,vitaminA (karotine),B dan C,Kalium, zinc,selenium,magnesium,fosfor dan asam folat. Jika mengkonsumsi Saffron dengan rutin penyakit bawaan yang biasnya susah unuk di sembuhi seperti maag, amandel atau kolesterol bisa sembuh.


Hebatnya saffron juga mempunya khasiat yang luar biasa buat penderita syaraf seperti Parkinson dan Alzheimer. Memperbaiki sistem imun dan menjaga fungsi organ organ dalam tubuh, mengkonsumsi saffron tiap hari dapat melancarkan aliran dan tekanan darah serta kolesterol. Menaikkan kesehatan mata,mengobati sembelit, dan juga menaikkan kesehatan mata. Dan tak kalah penting Saffron juga bisa menaikkan hormon kesuburan, megobati dipresi, menambah kemampuan ingat,mengurangi resiko penyakit jantung dan juga melancarkan hait

Nonton juga video tentang perbedaan Saffron berikut ini 



Khasiat Bunga Saffron Untuk Ibu Hamil

Dan ternyata Saffron juga baik untuk ibu hamil, di antaranya adalah bisa menurunkan tekanan darah, mengontrol perubahan suasana hati, meringankan gejala Morning sicknes atau mual di pagi hari, mengurangi Kram, baik untuk pencernaan, memenuhi kebutuhan zat besi, membuat tidur lebih relaks dan yang paling terpenting membuat kulit bayi lebih bersih dan putih. Tetapi tidak di sarankan mengkonsumsi lebih dari 10 gram karena bisa mengakibatkan kontraksi yang mengakibatkan keguguran.


Khasiat Bunga Saffron Untuk Kecantikan

Konon katanya Saffron yang di campurkan kedalam parfum bisa bisa mengobati sakit kepala, hal ini di karenakan Saffron memiliki harum Flora yang khas dan natural. Aroma khas ini bisa membuat orang yang mencium keharumannya memberikan ketenangan fikiran dan juga merasa relaks. Saffron juga bisa di campur dengan body lotion dan Hairtonic maupun pelembab wajah. 

Cara mudah menyajikan Saffron

Cara paling ampuh adalah dengan menyedukan 3 sampai 4 helai bunga Saffron di dalam segelas air panas yang berukuran 300ml tunggu sampai hangat atau dingin lalu minum, yang apling baik lagi jika Saffron di buat menjadi air infus seperti yang lagi trend saat ini. Rendamlah Saffron selama 10 jam khasiatnya akan terasa lebih bagus. Untuk orang Kashmir sendiri mengkonsumsi Saffron saat malam hari sebelum tidur dengan segelas susu hangat.

 Jadi siapa yang mau ikut saya ke Kashmir dan mencoba langsung Saffron dari ladang nya ?

Sekian cerita saya semoga bermanfaat buat teman teman semua, di tunggu saran dan komentar nya yah ?

Untuk terkoneksi lebih cepat dengan saya boleh kunjungi instagram saya yah Susanna lubis 




You May Also Like

0 komentar