Houseboat Kashmir Di Atas Dal Lake India

by - September 10, 2019

Tak lengkap rasanya jika ke Kashmir tanpa menginap di Houseboat tepat nya di pusat kota Srinagar Dal Lake. Wilayah ini menjadi tempat no 1 yang paling di minati wisatan lokal maupun asing. Danau yang indah dan juga tenang membuat fikiran relax dan fresh kembali. 

Mengapa dan bagaiman sejarah tentang Houseboat akan saya ulas di sini, serta tidak juga lupa tips memilih Houseboat yang baik.

Sejarah Houseboat 

Menurut legenda Kashmir adalah sebuah wilayah perairan yang sangat luas, sebagian besar masyarakatnya hidup di atas air yang di sebut Houseboat. Dengan seiringnya waktu perairan di Kashmir menyusut dan pada akhirnya banyak penduduk Kashmir juga serta pendatang yang tinggal dan hidup di wilayah daratan. 

Houseboat Dal Lake

Walaupun pada akhirnya lebih banyak penduduk yang memilih untuk hidup di wilayah daratan, tapi tidak sedikit juga masyarakat asli Kashmir yang masih memilih untuk tinggal di atas Houseboat. tercatat sampai tahun 2019 ada kurang lebih 4000 Houseboat milik warga yang masih berdiri koko di wilayah perairan, seperti danau atau pun sungai. 

Perbedaan Houseboat 


Saat ini ada 2 jenis Houseboat, milik warga lokal yang berdiri layaknya seperti rumah biasa dan satu lagi Houseboat yang di sewakan untuk wisatawan. Houseboat milik warga dan wisatawan juga memiliki peraturan yang ketat.

Houseboat milik warga tidak boleh di sewakan untuk para wisatawan. Hunian ini hanya boleh di miliki warga lokal. Layak nya sebuah rumah Houseboat milik penduduk Kashmir ini memiliki alamat rumah dan juga nomor rumah. Dan mereka tidak boleh tinggal di bagian terdepan di wilayah Dal Lake karena wilayah ini sudah di peruntukkan untuk wisatawan saja.

Room in House boat dal lake
Kamar tidur ku di dala House Boat
Sedangkan Houseboat yang di peruntukkan untuk wisatawan harus memiliki izin pariwisata, standart houseboat tidak boleh di bawah tipe Deluxe. Hanya saja kita harus cermat dalam memilih Houseboat, karena banyak Hosueboat dengan harga murah tetapi pemandangannya kurang bagus atau terlalu berdekatan dengan Houseboat yang lain.  

Sejarah awal mulanya Houseboat untuk wisatawan ini sangat menarik. Pada saat Inggris datang menjajah India tepatnya di bagian wilayah Kashmir, Houseboat di buat lebih menarik oleh pemerintah Kolonial Inggris. Mereka sangat tertarik akan indahnya Houseboat yang mengapung di atas perairan Dal Lake, pada akhirnya di bentuk lah Houseboat yang di rombak seperti hotel. Dan ternyata hal ini banyak menuai pujian, banyak orang mengetahui hal ini menjadikan Houseboat tempat yang harus di singgahi di Kashmir hingga saat ini.

solosann makanan di house boat dal lake
Sajian makanan di House Boat Kashmir

Alasan mengapa menginap di House boat 


Bentuk Houseboat untuk wisatawan juga sangat menarik,  sangat beda dengan Houseboat milik warga. Karena di peruntukkan untuk wisatawan maka interior  sangat lah indah, seluruh bagian di penuhi dengan ukiran khas Kashmir yang sangat mewah. 

Setiap Houseboat memiliki 4 sampai 5 kamar saja dan di lengkapi satu buah dapur kecil, ruang makan, ruang tamu dan sedikit teras balkon. Sumpah di seluruh bagian Houseboat bagus banget untuk di jadikan tempat berphoto, dan di setiap Houseboat akan ada seorang pelayan yang 24 jam ada di Houseboat. Beliau akan membantu kita untuk menyiapkan segala hal. Siapkan uang tips yang banyak yah....

Karena pelayannya baik banget mereka melayani setiap Customers dengan gaya British, sopan dan rapi sehingga kita jadi rajin kasih uang tips .





Unik nya setiap Houseboat memiliki Shikara pribadi. Shikara adalah sampan kecil yang di peruntukkan menjemput tamu Houseboat. Setiap houseboat di kelompokkan menurut gate nya masing masing. Kurang lebih ada 30 gate yang tersebar di seluruh perairan Kashmir.

Jika kamu tidak ingin menginap di Houseboat kamu bisa memilih untuk berkeliling Houseboat dengan menggunakan Shikara. Biasnaya 30 menit dengan muatan penumpang 5 orang kamu cukup membayar 500 rupee atau sekitar Rp.100.000. Jika musim dingin telah lewat kamu bisa juga berkunjung ke Floating market yang ada di Dal Lake di jamin seru abis, karena kita bisa merasakan langsung pasar terapung yang ada di Dal Lake.


dal lake india


Tips memilih House Boat 

·        Kamu bisa melakukan pemesanan di berbagai aplikasi online
·        Harga kamar Houseboat akan lebih mahal saat musim salju dan juga musim semi
·        Pilih lah Houseboat yang memiliki pemandangan ke arah perbukitan, karena akan lebih terlihat lebih indah
·        Pastikan kamu sudah memiliki transportasi yang siap mengantar mu langsung ke Houseboat
·        Lebih baik pesan lah kamar beserta sarapan dan makan malam sekaligus

Untuk saya pribadi saya lebih suka melakukan pemesanan langsung dengan travel local, mereka akan membantu segala pemesanan hotel dan juga transport. Itung itung jadi lebih hemat dan gak ribet.Karena di Kashmir sering terjadi Lockdown segala transportasi bisa berhenti tiba tiba dan juga di sana sulit sekali menemukan transportasi umum. Jadi lebih aman sharing buat rental mobil jadi lebih hemat dan mudah.

Sekia cerita saya mengenai Houseboat segala pertanyaan dan saran silahkan isi di ruang komentar ❤




You May Also Like

0 komentar