Tips Pintar Travelling Ke Kashmir Part 1

by - Juli 23, 2019

MERENCANAKAN PERJALANAN DENGAN AKOMODASI MENUJU KASHMIR




liburan ke kashmir dan main salju

Liburan ke Kashmir India adalah salah satu impian saya, beberapa kali ke Kashmir semenjak tahun 2017 membuat saya belajar banyak dan faham beberapa tips dan trik selama di Kashmir . Yang pertama kali akan saya lakukan bagi pembaca tulisan saya yaitu mengenalkan beberpa alat transportasi yang bisa kita gunakan menuju Kashmir 

Menggunakan pesawat

Sebenarnya sih akomodasi paling gampang itu menggunakan pesawat menuju Kashmir harga ticket  yang ti dak begitu mahal juga banyak nya maskapai  yang bisa kamu gunakan seperti Air Asia ,Spy Jet,Go Air maupun Vistara. Dari semua maskapai ini yang paling enak menurutku Vistara. Fasilitas dan pelayananya mirip dengan Air India. Penerbangan dari New Delhi ke Kashmir hanya menghabiskan 1 jam 30 menit, sudah ada mulai dari jam 5 pagi  untuk penerbangan menuju Srinagar Kashmir. Harga ticket pesawat mulai dari 1 jutaan sampai 2 juta. yah seperti biasa kamu harus rajin lihat dan beli dari jauh hari untuk dapat harga ticket terbaik.
                                       Hasil gambar untuk pesawat

Untuk informasi harga dan jadwal penerbangan  kamu bisa check di https://www.skyscanner.co.id/
pembelian di sky scaner menggunakan kartu kredit tapi jangan takut ,buat kamu yang gak punya kartu kredit. atau masih gaptek seperti saya waktu itu dan takut ribet kalau kalau bisa salah input nama atau mau beli bagasi tambahan kamu bisa langsung ke Air Asia counter yang ada di kota kamu atau pun kamu bisa langsung ke travel yang melayani jasa penjualan ticket.

Untuk para traveller atau group tour yang starting dari Malaysia biasanya mengambil penerbangan paling pagi dari New Delhi airport. Di karenakan jadwal terbang dari Kuala Lumpur menuju New Delhi pada pukul 7 malam dan tiba pukul 11 malam waktu India. nah di sini para traveller banyak memilih untuk tidur di area bording gate sambil menunggu penerbangan paling pagi ke Kashmir. jangan lupa pakai jaket yah airport nya dingin banget

Oh yah untuk masuk airport India gak semudah seperti airport di negara kita, orang yang memiliki ticket saja yang bisa masuk ke airport. pastikan kamu sudah print ticket kamu ataupun kamu sudah memiliki screen shoot ticket dari hp kamu sendiri. Jikalau kamu terpisah dari teman kamu ataupun ada barang yang tertinggal sedangkan kamu sudah masuk airport. sangat sulit untuk kamu keluar lagi  di jamin 99% kamu tidak di perkenan kan untuk keluar, harus di ingat ketat nya peraturan di airport India. Lokasi domestik airport terletak di sebelah kanan pintu keluar pertama dan kamu harus naik ke atas .

Tidak hanya sampai di situ saja ketatnya peraturan airport India. Waktu kamu akan masuk menuju gate, seperti biasa tas kita akan di perika melalui X ray, untuk pemeriksaan wanita dan pria di bedakan sama seperti biasanya tapi yang menjadi sedikit berbeda adalah pemeriksaan wanita di ruangan tertutup menggunakan tirai. Jika pemeriksaan selesai bording pass kamu akan di stempel bahwa sanya kamu sudah di periksa, so pastikan kamu tidak meninggalkan pasport dan bording pass kamu waktu di pemeriksaan.

Tapi jangan salah Airport di srinagar kashmir tidak kalah serunya. tepatnya saat kamu di keberangkatan.

7 hal yang harus kamu lewati dan wajib di ingat dengan seksama

Pertama 
Pemeriksaan akan di mulai dari pintu gerbang airport, polisi akan memeriksa ticket sesuai nama pasport, sampai di gerbang ini satu satunya org yang boleh masuk tanpa tiket hanyalah supir yang mengantar.

Ke dua
Hanya berjarak 100 meter, dari pintu gerbang kita semua di wajibkan turun untuk melakukan pemeriksaan ke dua. Semua tas harus masuk X ray tapi untuk jaket maupun tali pinggang kamu bisa pakai, pasport dan bording pass juga tidak di periksa.

Ke tiga 
Sekitar 1km dari tempat ini kita baru tiba di airpot Srinagar, saya tidak menyarankan kamu untuk naik rikshaw atau bajainya orang india menuju Srinagar airport karena rikshaw hanya di perbolehkan sampai gerbang depan saja dan kamu harus berjalan 1kl untuk sampai di airport atau kamu harus bayar mahal dengan taxi gelap yang ada di Srinagar airport. Tapi kalau pd sih boleh aja hitch hiking seperti saya hahahaa

Ke empat 
Kamu gak bisa sembarangan masuk pintu airport dan jika belum jadwal bording kamu juga gak bisa masuk. Pertama yang harus kamu lakukan berdiri di antrian pintu masuk tepat dengan nama pesawat yang kamu akan naiki nah setelah jadwalnya bording tiba kamu di perkenankan masuk, di sini kamu harus masukin semua tas kamu melalui X ray. Beberapa maskapai  hanya memperbolehkan hp kamera dan dompet saja yang bisa naik ke kabin sisanya seperti baju, oleh2 dan yang lainnya harus masuk bagasi. Tapi terakhir naik Air Asia tidak masalah, semua barang saya bisa naik ke kabin dengan syarat tidak lebih dari 7kg  sama seperti biasanya. Dan untuk barang yang masuk bagasi semua wajib di kasih stiker di tas buat yg tidak di beri stiker hanya boleh di bawa ke kabin.Tidak ada rapping tas di airport Kashmir, biasanya setiap maskapai memiliki alat untuk mengikat tas kita dan itu gratis. Akibat dari antrian yang panjang menunggu bording time di buka, biasanya banyak orang tidak sabar dan berdesakkan, di saat ini kewaspadaan dan mental harus di persiapkan. Dari pengalaman saya sendiri saya sering ribut sama orang lokal karena mereka suka gak sabaran dan sembrono.

Ke lima 
ini belum selesai hahahha ribet yah, selanjutnya sebelum ke check in counter. Kita wajib mengisi foam kepulangan kita foam ini juga wajib di isi pada saat kita tiba di srinagar.

Ke enam 
Masuk di ruang check in sama seperti biasanya, tapi ada hal yang wajib kamu ingat. Semua tas ataupun plastik yang kamu bawa wajib memiliki sticker yang di gantung. Sticker ini di bagikan langsung di meja counter ataupun kamu bisa minta langsung. Karena saat pemeriksaan terakhir semua tas yang sudah ada stickernya harus di stempel atau kamu harus mekaukan pemeriksaan ulang,makin ribet kan sampai di sini hahahahah

Ke tujuh
Pemeriksaan terakhir ini sama dengan periksaan menuju bording gate. Jangan lupa untuk tidak meninggalkan pasport dan bording pass kamu, di pemeriksaan terakhir ini juga bording pass kamu harus di stempel.

Puyeng kan kalau mau masuk airport saja begini ribetnya, santai aja saya lebih ribet waktu awal menghadapi ini so pastikan kamu tiba lebih awal setidaknya 4 jam sebelum keberangkatan, mengingat banyak nya hal yang akan kamu hadapi sebelum keberangaktan. Untuk di New Delhi sendiri tidak se ribet di Kashmir tetapi antrian sebelum bording sering memakan waktu yang panjang sampai 1 atau 2 jam so pastikan juga kamu sampai lebih awal.

NB :
  • Wifi airport New delhi hanya berkerja 1 jam saja kamu bisa login dengan no HP
  • Wifi di srinagar airport  tidak tersedia

Akomodasi via darat

Ada 2 akomodasi darat yang bisa kamu gunakan.

Yang pertama 
Menggunakan kereta api.  Dengan populasi india yang sangat padat, pastinya  sulit untuk juga untuk mendapatkan kursi. Karena biasanya masyarakat India sudah memesan tiket jauh jauh hari. Dan untuk pemesanan melalui online juga tidak gampang setidaknya kamu harus daftar menggunakan sim card India. Apabila kamu datang ke counter tiket khusus sendiri dan  memesan tiket dalam waktu dekat di pastikan tidak ada tiket yang tersedia, atau kamu menunggu kemungkinan adanya orang yang batal berangkat dan batas kamu menunggu sendiri maximal pada saat tanggal keberangkatan yang kamu inginkan. Kereta api dari New Delhi hanya mengantar sampai kota Jammu saja,dan kota jammu sendiri merupakan salah satu tempat yang ramai pengunjung nya, di karekan di tempat ini terletak sebuah tempat ibadah ummat Hindu yang sangat terkenal bagi umat Hindu di India. jadi kebanyakan orang India sudah memesan tiket ber bulan bulan sebelum keberangkatan mereka.
                                         Gambar terkait

Yang ke dua
Menggunakan bus, kebetulan aku juga pernah menggunakan bus, karena saat pertama kali di trip India ku hanya menggunakan perjalanan darat. Akupun mencari beberapa akomodasi yang bisa aku gunakan.Karena sulitnya mendapatkan tiket harapanku pun pupus waktu itu untuk menaiki kereta api. Untuk naik bus sendiri kamu bisa memesan langsung dari aplikasi Make my trip, kamu bisa download langsung. Aplikasi ini juga sungguh sangat memudahkan kita sebagai traveller. Selain sangat di minati wisatawan lokal, aplikasi ini juga tidak hanya melayani untuk pemesanan bus,  dari aplikasi ini kamu juga bisa memesan tiket pesawat,kereta api maupun hotel. Terkadang hotel yang ada di aplikasi ini tidak ada di aplikasi lainnya dan juga terkadang kita bisa dapat harga jauh lebih murah loh .Untuk pemesanan bus sendiri, kamu bisa memilih bangku kamu sendiri dan juga bisa memilih Female coach. Menurut aku yang paling baik bus Volvo selain nyaman dan akan lebih cepat sampai. Dari New Delhi menuju Jammu memakan waktu tempuh 10 sampai 11 jam tergantung dari bus yang membawa kamu.
                                       Hasil gambar untuk volvo bus india
Enak nya bus di India, mereka memiliki sleeper bus ada yg double bed untuk ber dua maupun yang single bed untuk sendiri,jika kamu tidak kebagian single bed. Jangan khawatir, mereka tidak akan mebeikan kamu tidur dengan lawan jenis . Aku paling suka menggunakan single sleeper coach di semua perjalanan ku dari satu kota ke kota lainnya. Di dalam bus tidak ada toilet, supir bus akan berhenti 1 kali setelah 1 jam perjalanan untuk ke toilet maupun  sekedar makan. Terkadang ada juga supir bus berhenti setelah 4 jam perjalanan. Kalau pengalaman aku pribadi aku sering pipis karena dinginnya AC di bus, jadi aku suka minta berhenti di pom bensin maupun restaurant tapi kadang juga pipis di pinggir jalan bersma dengan penumpang lannya hehehheehe . Itu namanya power of kepepet, jadi harap maklum saya bisa pipis di manapun saat di India
Sebagian bus sleeper couch memiliki pembatas kain tirai dan juga kaca

Buat yang gak punya kartu credit kamu bisa langsung ke travel agency yang ada di New Delhi atau bisa juga langsung ke Kashmiri gate di wilayah Red Fort New Delhi. Beli lah ticket sehari sebelum keberangkatan. Pilih bus ke Jammu di malam hari dan kamu akan tiba di jammu pagi hari dari tempat berhenti bus yang kamu tumpangi, kamu bisa tanya bus yang menuju bus stand untuk ke Kashmir.

Kereta api maupun Bus hanya mengantar kita sampai ke kota Jammu selanjutnya kamu melanjutkan perjalanan ke Kashmir menggunakan akomodasi sewaan seperti sumo maupun inova dari Jammu menuju kashmir. Jalan menuju Kashmir sangat curam, tidak ada bus besar ke sana hanya sumo dan inova lah yang biasanya hilir mudik di wilayah ini. Jalan menuju ke sana juga buka tutup sehari untuk dari Jammu ke Kashmir dan hari berikutnya untuk arah sebaliknya . Jika tiba tepat waktu atau tidak, kamu wajib tinggal 1 malam di Jammu karena tidak ada mobil yang melakukan perjalanan malam ke Kashmir mengingat tempat ini sangat curam dan  rawan kecelakaan berikut contoh jalan yang menuju Kashmir. Semua mobil akan melakukan perjalanan pagi hari mulai dari jam 6 pagi.
Berikut video singkat dan photo saya berada di highway Jammu




Gambar ini di ambil saat macet panjang di High way Jammu ke kashmir, terjadwal 6 jam tapi karena macat jadinya aku tiba di kashmir 11 jam. Jalan di tutup 10 hari karena pembangunan trowongan terpanjang di asia yaitu 9km

Dari jammu ke Srinagar Kashmir bisa di tempuh 6 sampai 7 jam tapi selama perjalanan dari Jammu ke Kashmir banyak tempat indah ciptaan Allah yang bisa kamu lihat secara langsung. Ada beberapa tempat yang terlalu indah dan kamu gak bisa mengabadikannya dengan kamera.

Pada musim dingin ataupun hujan jalan ini pasti di tutup, dan pada saat jalan di buka kemacatan panjang akan terjadi

Sedikit pengalaman buruk yang terjadi di Jammu aku memiliki kesulitan saat akan menginap di Jammu. Banyak hotel budget  yang tidak mengizinkan aku untuk menginap di karenakan aku wanita sorang diri. 4 jam lebih aku berputar mencari penginapan  alhamdulillah akhirnya dapat juga tapi sedikit mahal.

NB :
  • Harga bus dari new delhi ke jammu untuk tempat duduk biasa bangku 21 biasanya 500 sampai 1000 rupee dan untuk sleeper coach 1000 sampai 2000 rupee 
  • Hotel budget di jammu 500 rupee sampai 1000 rupee  
  • Sumo ke kashmir 1000 rupee sedangkan innova 1500 rupee 
 Begitulah informasi tentang beberapa akomodasi perjalanan yang bisa kamu gunakan untuk meunuju Kashmir semoga bermanfaat, yang terpenting kamu harus mempersiapkan mental kamu dengan matang karena tempat indah ini tidak mudah untuk di tuju. Karena ini bukan lah Eropa atau negara maju lainnya,banyak kemungkinan yang akan terjadi di dalam perjalanan . Tapi semua ini terbayar begitu kamu tiba di Kashmir.





You May Also Like

0 komentar